Naiknya Harga Jersey Persebaya. --Persebaya memiliki cara yang cukup lazim dilakukan oleh sebuah klub sepak bola dalam memasarkan berbagai produknya. Sejak kembali diakui oleh PSSI pada musim lalu, mereka mendirikan sebuah toko yang menjual merchandise klub yang diberi nama Persebaya Store.

Para pembeli bisa melakukan pembelian berbagai barang yang dijual di toko tersebut dan juga via online di situs web atau beberapa akun sosial media Persebaya Store. Selain jersey, terdapat pula beberapa produk seperti kaus, syal, topi, jaket, tas, stiker, dan berbagai macam lainnya.

Sampai sejauh ini, terdapat dua toko induk yang terdapat di Surabaya Town Square dan kawasan Semolowaru. Selain itu, terdapat pula delapan cabang Persebaya Store yang tersebar di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Lagi-lagi, harga yang ditawarkan oleh Persebaya Store lebih mahal dibanding dengan beberapa toko lain yang juga menjual jenis barang serupa.


Hal ini pun membuat Bonek kerap menjadikan Persebaya Store sebagai topik kritikan saat Persebaya dengan terpuruk. Seperti yang terjadi pada awal Juni lalu, saat Persebaya tumbang 0-1 dari PSM Makassar. Hasil itu membuat klub dengan warna kebesaran hijau tersebut berada di zona degradasi menghuni peringkat 16 klasemen sementara.

Banyak Bonek yang melampiaskan kekesalan dengan menyindir manajemen Persebaya terlalu banyak membuka store, alih-alih mengangkat performa tim. Mengenai hal ini, Abud pun memiliki penilaian sendiri. Saya mendengar ribut-ribut sindirin Persebaya Store itu sudah lama. Saya ingin mengingatkan bahwa Persebaya Store ini juga menghidupi keuangan klub secara sehat. Ini adalah cara kami,” kata Abud.

Selain lewat store resmi, sponsor juga menjadi pihak yang sangat diandalkan klub untuk menjadi pemasukan setiap musimnya. Dari situlah pihaknya bisa menjalankan program tim setiap musim.

“Persebaya adalah klub profesional dengan keuangan dari sponsor dan pendapatan dari merchandise. Selama ini, kami tidak mendapat dana dari pihak pemerintah, bahkan sewa stadion juga lebih mahal. Harus diakui bahwa store sangat penting untuk klub,” tutur sang manajer.

Bagaimana pun programnya, Abud menjelaskan bahwa sebuah klub profesional akan bekerja sesuai dengan porsi masing-masing. Dirinya sebagai manajer tim akan lebih banyak bekerja dengan para pemain dibandingkan Persebaya Store yang diurus oleh individu yang berbeda.