Review Korset Hamil untuk Para Bunda

Bagi ibu hamil, kondisi perut yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, terkadang membuat tidak nyaman. Untuk itu, ibu hamil bisa menggunakan penyangga perut atau korset hamil agar lebih nyaman saat beraktivitas. Terutama pada saat trimester kedua dan ketiga selama masa kehamilan. Penyangga perut sejenis korset dirancang khusus untuk menopang bagian bawah punggung dan perut ibu hamil selama masa kehamilan. Dan biasanya korset kehamilan ini terbuat dari pilihan bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat.

Korset untuk ibu hamil adalah salah satu perlengkapan yang digunakan untuk mengurangi keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Misalnya seperti nyeri punggung ataupun rasa tidak nyaman yang terjadi akibat janin yang semakin membesar selama bertambahnya usia kehamilan. Ini dirancang khusus untuk bisa menopang bagian bawah punggung dan perut selama masa kehamilan. 

Korset Hamil untuk Para Bunda
Korset Hamil untuk Para Bunda

Bahkan, korset kehamilan juga tersedia dalam berbagai ukuran, warna, dan bentuk yang elastis sehingga bisa menyesuaikan dengan bentuk perut ibu hamil. Karena bersifat fleksibel, maka bisa memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil yang aktif bergerak. Berikut ini manfaat yang dimiliki korset untuk ibu hamil, meliputi:

1. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri

Tekanan berlebih yang terjadi pada perut selama masa kehamilan dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pada punggung bagian bawah. Dengan memakai stagen hamil maka akan membantu mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung tersebut. Yang mana mampu menopang bagian perut dan punggung bagian bawah dan bermanfaat dalam meminimalisir tekanan.

2. Membuat Lebih Nyaman

Ketika sedang hamil, biasanya tubuh ibu hamil cenderung tidak nyaman saat beraktivitas, terutama jika perut ibu hamil sudah mulai membuncit. Namun, dengan korset hamil dapat membantu untuk menopang rahim. Sehingga beban perut yang harus ditopang oleh tubuh menjadi lebih ringan. Hal ini tentu dapat membuat ibu hamil menjadi lebih  nyaman untuk bergerak dan melakukan aktivitasnya.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka postur tubuh dapat berubah karena ketegangan yang terjadi di punggung bagian bawah dan beratnya perut. Namun, dengan korset bisa membantu untuk memperbaiki hal tersebut. Korset akan menopang punggung bagian bawah dan perut, serta mencegah ketegangan berlebih pada area tersebut.

4. Membantu Melakukan Kegiatan Sehari-Hari dengan Nyaman

Sebagian ibu hamil mungkin merasa nyeri dan tidak nyaman untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukannya. Dengan menggunakan korset hamil maka bisa membantu ibu hamil untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Sehingga ibu hamil dapat melakukan aktivitasnya dengan lebih nyaman.

Selain memiliki beberapa manfaat, korset untuk ibu hamil juga memiliki risiko yang perlu diketahui. Terlalu sering memakai korset pada saat hamil bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya. Terlalu sering memakai korset kehamilan justru bisa melemahkan otot punggung dan menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan. Selain itu, terlalu sering pakai korset juga dapat membahayakan janin apabila ikatan korsetnya terlalu erat dan terlalu lama dipakai.

Tekanan darah yang ada di sekitar perut bisa menurun dan menyebabkan gangguan pencernaan jika terlalu sering memakai korset. Secara tidak langsung, kondisi tersebut bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan. Kebiasaan memakai korset kehamilan juga bisa mempersulit proses melahirkan, ini karena beban tubuh telah terbiasa ditopang oleh korset. Oleh karena itu, ibu hamil menjadi kesulitan untuk memberikan tekanan di perut pada saat hendak melahirkan.

Segala perlengkapan untuk kehamilan memang memiliki beragam manfaat dan risikonya masing-masing. Sebaiknya anda mempertimbangkan kembali apakah penggunaan korset benar-benar ditujukan untuk mengurangi nyeri pada saat kehamilan. Hal terpenting yang perlu diperhatikan dengan baik adalah sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan korset hamil terlalu sering. Sebaiknya, anda menggunakan korset ini hanya dua sampai tiga jam setiap harinya. Tujuannya agar otot-otot punggung tidak terlalu lemah dan menyulitkan proses melahirkan.


Post a Comment

0 Comments