Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan umum yang dapat terjadi pada siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin maupun usia. Terlebih lagi pada usia anak yang lebih rentan mengalami batuk karena sistem imunitas yang cenderung lemah maupun berbagai faktor lain seperti lingkungan berdebu maupun tertular temannya saat bermain bersama. Memilih obat batuk anak juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena jika sampai salah pilih justru tidak dapat menyembuhkan, namun malah akan berdampak pada efek samping yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lain.

Umumnya saat anak mengalami batuk, akan menjadi rewel dan terkadang disertai tidak nafsu makan. Batuk memang salah satu jenis penyakit yang menimbulkan rasa tidak nyaman terutama jika terjadi pada si kecil. Kondisi seperti ini jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat juga dapat berpengaruh pada tumbuh kembang buah hati Anda. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas tips memilih obat batuk untuk si kecil yang paling benar, antara lain:

Kenali batuk yang diderita si kecil.
Sebelum menentukan jenis obat yang akan Anda beli, kenali terlebih dahulu si kecil menderita batuk alergi, batuk berdahak atau jenis batuk kering. Berbeda jenis batuk, maka akan berbeda obat yang harus di berikan agar dapat memberikan efek pengobatan sesuai yang diinginkan.

Komposisi obat.
Pastikan Anda mengetahui secara detail apa saja komposisi atau kandungan yang terdapat pada obat batuk yang akan Anda beli, langkah ini sangat penting karena pemberian obat yang salah dapat memberikan efek samping tidak baik bagi kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Dosis obat.
Dosis obat batuk anak biasanya juga akan berbeda tergantung pada komposisi obat yang digunakan, Anda perlu memahami apakah dosis pada obat yang akan dibeli aman untuk si kecil. Sangat tidak disarankan memberikan dosis berlebihan karena justru tindakan tersebut belum tentu segera menyembuhkan, namun, malah dapat membahayakan si kecil.

Merek obat.
Salah satu cara terbaik yang dapat Anda gunakan jika bingung memilih obat batuk yang tepat untuk si kecil adalah dengan memilih merek yang terpercaya. Umumnya merek tersebut sudah banyak dipilih oleh para ibu sehingga kualitasnya teruji dan aman.

Menggunakan obat kapsul maupun cair untuk menyembuhkan batuk si kecil sudah pasti mempunyai efek samping tersendiri misalnya membuat anak mudah mengantuk atau bahkan ada jenis obat tertentu yang memiliki efek samping seperti diare, sakit kepala atau mual setelah dikonsumsi. Untuk itu, ketika si kecil sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu bunda harus memberikan perhatian penuh dan jangan sampai melewatkan perkembangan kecil yang terjadi pada buah hati.

Sebenarnya selain berbagai jenis obat batuk yang sudah dijual luas dipasaran, Anda dapat memberikan obat alami menggunakan berbagai tanaman herbal yang sudah pasti aman tanpa efek samping. Misalnya jahe yang dapat dijadikan sebagai minuman dan sekaligus akan memberikan kehangatan pada tubuh si kecil.

Memilih obat batuk anak yang tepat dan cocok dengan kondisi tubuh si kecil memang bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan beberapa tips di atas sebagai bahan pertimbangan ketika buah hati Anda menderita batuk. Akan tetapi, jika setelah diberikan obat si kecil tidak menunjukan perubahan atau justru kondisi batuknya semakin parah, maka Anda harus segera membawa periksa ke dokter agar mendapatkan langkah pengobatan yang tepat.